Bangkit lagi…Perbaiki diri

Mungkin kita pernah mengalami keterpurukan yang amat berat, seolah-olah menghancurkan segala prestasi yang pernah kita lakukan, dan menghilangkan masa depan yang kita rencanakan. Bisa jadi kita merasa menjadi sosok manusia yang sangat hina dan rendah bahkan seperti seonggok daging yang tak berguna.

Kalau kita mencoba lebih bijak, sebenarnya kesalahan dan dosa yang pernah kita lakukan, tidak harus menjadi mesin penghancur diri kita. Bahkan kita bisa memanfaatkannya sebagai momentum perbaikan diri. Justru dengan kita punya dosa dan kita selalu teringat, kita bisa lebih ketat menjaga diri.

Orang sholeh bukanlah makhluk yang suci dan tidak bersalah. Mereka adalah orang-orang biasa yang selalu siap memperbaiki diri. Sekali jatuh, mereka tidak terus tersungkur dan menangis menyesali diri. Mereka begitu bersemangat. Ketika jatuh, tanpa sengaja melakukan dosa, mereka cepat sadar diri. Orang sholeh selalu memohon ampunan kepada Allah dan yang lebih penting, cepat-cepat memperbaiki kesalahannya. Jadi tidak cukup hanya menangis saja tanpa tindakan apapun.

Pertolongan Allah bisa datang dalam bentuk apa saja. Itulah sebabnya kita sebaiknya menyikapi segala perbuatan Allah dengan sikap positif. Kalau suatu saat kita berdosa, bukannya Allah mendholimi kita. Justru dengan dosa itulah kita sebaiknya memanfaatkannya sebagai titik awal perbaikan diri.

Mari kita bangkit, bangun kembali serpihan semangat yang telah runtuh, menuju perbaikan diri ke arah yang lebih positif….

“Jika nasi sudah menjadi bubur, maka mulailah berifikir untuk menambahkan seledri, ayam, telor, kerupuk, dll agar bubur tersebut terasa nikmat dan lezat”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s