Film “The Message”

Film “The Message”…bagi saya judul film ini tidaklah asing. Sudah berulang kali menonton video ini sejak jaman masih SMP. Waktu itu nonton menggunakan video tape. Zaman itu video tape masih barang yg “wah”. Nonton rame2 di ruang sempit bahkan bergiliran karena cuma itu fasilitas yang ada.

Film ini dirilis tahun 1976 dengan pemeran utama adalah Anthony Quinn (berperan sebagai Hamzah bin Abdul Muththalib). Ga tau Anthony Quinn? silahkan cari di wikipedia. Yang saya tau bahwa dia adalah pemeran utama dalam film “Lion of the Desert” (1981) dan berperan sebagai Omar Mukhtar, tokoh utama dalam film itu. Siapa Omar Mukhtar? Dia adalah seorang ulama di Libya yg berperan menghadang invasi Italia ke negri itu di tahun 1920-an. Oke balik lagi ke film yg ini, film ini bercerita tentang Islam dan Muhammad SAW tentunya. Dari mulai kelahirannya, dakwah beliau di awal2 islam, hingga peperangan2 yg terjadi. Ada 4 peristiwa penting yg diperlihatkan pada film ini: Badar, Uhud, Hudaibiyah, dan Fathu makkah.

Dua film yg saya sebutkan tadi, dibuat jauh sebelum saya lahir. Dan khusus untuk film ini sangat jauh lebih bagus dibandingkan film IoM. Tak satupun scene di film ini yg memperlihatkan gambaran fisik Rasulullah SAW. Di awal film tertulis begini:

“The makers of this film honour the Islamic tradition which holds that the impersonation of the Prophet offends against the spirituality of his message. Therefore, the person of Mohammad will not be shown.”

Entah karena beda zaman sehingga sekarang banyak orang yg tdk bisa menghargai satu sama lain atau entah karena alasan apa.

Film ini saya rekomendasikan untuk semuanya dan juga sebagai bentuk protes saya terhadap film IoM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s