Kisah Nabi dan Rasul dalam angka, menurut Al-Quran

Postingan awal tulisan ini ada di sini.

Syaikh Nawawi Al-Bantani mengatakan bahwa ada sekitar 1000 ayat di dalam Quran yang berbicara tentang kisah. Kalau kita klasifikasikan, kisah-kisah di dalam quran dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian:
1. Kisah para Nabi dan umatnya
2. Kisah yang berkaitan dengan peristiwa umat terdahulu, sepeti ashabul ukhdud, ashabul kahfi, dsb
3. Kisah yang berkaitan dengan peristiwa di zaman Quran ini diturunkan (di zaman Rasulullah)

Kalau kita perdalam lagi, terutama kisah para Nabi dan umatnya, dengan menghitung jumlah ayat-ayatnya, kita akan dapati hal yang menarik seperti pada gambar grafik berikut ini.

KajianQashashQuran

1. Dari sisi jumlah penyebutan nama nabi dalam Quran, Nabi Musa AS menempati urutan pertama dengan penyebutan sebanyak 136 kali, disusul Nabi Ibrahim AS dan Nuh AS.

2. Dari sisi jumlah ayat yang menceritakan seluruh segmen kisah para Nabi, segmen kisah nabi Musa AS masih menempati urutan pertama dengan jumlah ayat mencapai 466 ayat, kemudian disusul nabi Ibrahim AS (197 ayat) dan Nuh AS (113 ayat). Tetapi selanjutnya, kisah yang paling banyak diceritakan adalah kisah nabi Yusuf dan Luth AS. Dalam hal ini, kisah-kisah yang terjadi di zaman Rasulullah tidak dimasukkan dalam hitungan. Untuk poin ini, kalau kita hitung2, jumlah ayat tentang kisah ini (berdasarkan hitungan sendiri yang sangat mungkin salah), berjumlah kurang lebih 1700 ayat, atau sekitar 27% dari total keseluruhan ayat quran.

3. Kalau kita petakan berdasarkan perkiraan waktu hidup para nabi yang disebutkan di dalam Al-Quran, maka jumlah nabi paling banyak diutus pada rentang waktu sekitar 1000-2000 SM. Diantara nabi yang dutus pada rentang waktu ini adalah nabi yang banyak dikisahkan dalam Al-Quran, yaitu Nabi Musa AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Yusuf AS, dan Nabi Luth AS. Dari sini tentu muncul tanya, ada apa kiranya umat manusia di zaman itu sehingga Allah utus banyak nabi?

4. Selanjutnya kalau kita petakan berdasarkan wilayah diutusnya para nabi, maka kita dapati mayoritas nabi yang disebutkan dalam Quran diutus di wilayah Syam dan Palestina yang saat ini tengah bergejolak. Maka, muncul tanya juga dari sini, bagaimana kondisi masyarakat di sana kala itu?

Dan pertanyaan selanjutnya adalah pelajaran apa saja yang dapat kita ambil dari semua kisah nyata ini? Tentunya ada banyak sekali pelajaran, karena kisah di dalam alquran mencakup hampir 30% isi quran.

#SebuahCatatan
#TahsinKitakyushu
#KajianQashashulQuran
#JumatMalam

Sumber data:
– د.شوقي أبو خليل, أطلس القرءان: أماكن , أقوام , أعلام, 2003 م
– سامي بن محمد المغلوث, أطلس تاريخ الأنبياء والرسل, 2005 م

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s