Delapan penghambat kebaikan

46449251_10215185437180752_7528475794645975040_n
Delapan penghambat kebaikan

Sumber: Tulisan pertama kali

Jadi gini bro, ada 8 gangguan dalam hidup yang nantinya dapat menghambat produktifitas hidup kita. Ke-8 faktor ini ada yang berasal dari internal diri dan juga eksternal. Apa aja?

  1. Gelisah (al-hammu).
    Atau mungkin bahasa kekiniannya “galau”. Galau akan masa depan hidupnya. Galau ini mengganggu hati, pikiran dan menyita waktu sehingga mematikan kreatifitas dan tentunya mempengaruhi produktifitas. Kalau galaunya berkaitan dengan urusan akhirat, bagus. Karena jadi motivasi untuk terus memperbaiki diri. Tapi biasanya galau manusia milenial ini karena urusan duniawi. Nah, yang ini nih yang bikin produktifitas menurun.
  2. Sedih (al-hazanu).
    Kalau gelisah atau galau terkait dengan masa depan, maka sedih ini terkait dengan masa lalu. Mungkin bahasa kekiniannya “gagal move-on”. Gagal move-on dari kesalahan atau kegagalan masa lalu, atau kehilangan sesuatu. Sama dengan galau, ini biasanya menjangkiti hati dan pikiran. Jadinya mengurangi produktifitas hidup. Kalau galau dan gagal move-on ini ngumpul dalam diri kita pada waktu bersamaan, kelar hidup loe. Makanya di dalam doa, dua sifat ini disandingkan satu dengan yang lainnya.
  3. Lemah (al-‘ajzu)
    Lemah di sini merupakan ketidakmampuan melakukan atau memproduksi kebaikan-kebaikan. Lawan katanya adalah al-hazm yaitu bertekad atau berkemauan kuat. Jadi, salah satu faktor penyebab ketidak produktifan seseorang adalah karena tidak punya tekad atau kemauan yang kuat.
  4. Malas (al-kaslu)
    Kalau sifat lemah tadi tidak punya hasrat atau tekad yang kuat, maka malas ini sebenarnya punya tekad tapi sengaja tidak dilakukan. Bahasa kekiniannya mager alias males gerak. Ini juga bagian yang menghambat produktifitas.
  5. Kikir (al-bukhlu)
    Yang ini kayaknya jelas lah ya. Dan ini masuk dalam kategori hal-hal yang mencegah perbuatan baik. Kalau tidak bisa berbuat baik, maka tidak produktif.
  6. Pengecut (al-jubnu)
    Sifat pengecut artinya takut dan lemah hatinya. Takut berarti tidak berani. Bukan dalam hal berantem ya, tapi dalam hal menghadapi atau menyelesaikan permasalahan yang hadir dalam kehidupan. Bahkan di dalam hadits yang lain pengecut dimaknai sebagai lari dari pertempuran merupakan salah satu dosa besar. Dan perlu diingat, lari dari masalah adalah masalah. Jadi jangan lari, tapi hadapi. Karena boleh jadi ada pelajaran yang sangat berharga dari sana. Nah ini masuk juga dalam kategori penghalang kebaikan.
  7. Terlilit hutang (dhala’i ad-dayn)
    Kalau terlilit hutang, maka salah satu dampaknya muncul rasa gelisah karena khawatir tidak dapat membayar hutang, pengecut sehingga melarikan diri, takut, hidupnya ga tenang, ga nyaman beribadah, sakit, dsb.
  8. Keganasan orang (ghalabati ar-rijaal)
    Dampak lainnya dari memiliki hutang adalah mudah didominasi oleh orang lain, bahkan kadang sampai didzalimi. Nah, ini yang dimaksud dengan keganasan orang.

[Catatan: Penjelasan-penjelasan di atas saya dapatkan dari www.kalemtayeb.com lalu ditulis ulang dengan bahasa sendiri]

Jadi, ingat ya, ada 8 gangguan dalam keseharian kehidupan kita yang dapat mengganggu produktifitas kita. Oleh karenanya, Rasulullah pun mengajarkan doa agar dihindarkan dari 8 sifat di atas. Di dalam hadits yang lain, disebutkan bahwa doanya dibaca saat pagi dan sore hari. Begini doanya.

اللهم إني أعوذ بك من الهم و الحزن، والعجز والكسل، والجبن والبخل، وضلع الدين وغلبة الرجال

Allahumma inni ‘audzubika minal hammi wal hazan, wal ‘ajzi wal kasal, wal jubni wal bukhli, wa dhala’iddayni wa ghalabatirrijaal

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari (sifat) gelisah, sedih, lemah, malas, kikir, pengecut, terlilit hutang dan dari keganasan orang”

Hari ini hari jumat bro, yuk perbanyak doa. Doa di atas juga boleh. 

#YukProduktif
#JumatMubarakah
#AyoLebihBaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s