Hilang dompet di Jepang? Lakukan 8 langkah ini…

Sumber: Elien Cynthia Ardita Sari (konten ditambah sedikit pengalaman pribadi)

Alhamdulillah sejauh ini belum pernah kehilangan dompet selama di Jepang. Dulu di Korea pernah, bahkan hilangnya beberapa hari jelang kepulangan ke Indonesia untuk menikah. Dan alhamdulillahnya ditemukan oleh orang Korea dan sekaligus diundang ngopi. Tetapi walaupun belum pernah kehilangan dompet di Jepang, setidaknya ini jadi catatan yang bagus mengenai prosedur yang harus dilakukan jika kehilangan dompet, just in case. Berikut ini 8 Langkah yang Harus Dilakukan saat Kehilangan Dompet (dan isinya) di Jepang:

1. Segera lapor kehilangan di pos polisi (koban) terdekat.
Kita akan diminta untuk mengisi form (tenang, ada yang bahasa Inggris) dan harus menulis lengkap tentang data dompet yang hilang (isi, kapan dan dimana kira2 terjatuh, dll). Biasanya kalau sudah ditemukan, saat itu juga kita akan diberitahu harus mengambil dimana. Tapi jika tidak, maka polisi akan memberi kita “surat sakti” yang disebut “Ishitsutodoke Juri bango”.
Surat sakti ini berguna sebagai surat pengantar untuk mengurus resident card baru di imigrasi jika kartu tersebut turut hilang bersama dompet. Surat ini juga bisa dijadikan bukti bahwa kita telah kehilangan resident card dan tak bersalah, ketika ada penyalahgunaan kartu tersebut oleh orang lain (misal untuk penipuan). Jadi, jangan lupa mengambil foto surat ini untuk jaga-jaga.

2. Segera menelpon bank untuk memblokir kartu kredit dan atm.
Biasanya nomonya tertulis di balik kartu atm (jadi selalu ambil fotonya, ya!). Kalau mau search di internet keywordnya “カード紛失(kaado funshitsu) dan nama bank”. No telpon ini bisa dihubungi 24 jam. Atau bisa langsung lapor ke cabang terdekat untuk dibantu pemblokirannya, keywordnya “kyasshu ka-do nakushite shimaimashita” (versi simpel, lengkapnya di google translate sendiri yak :D)

3. Mengurus resident card baru ke imigrasi.
Sebenarnya Anda bisa saja menunggu beberapa hari sampai dihubungi oleh pak Polisi jika dompet diketemukan. Tapi jika kartu atm Anda juga hilang, Anda membutuhkan resident card untuk membuat kartu atm yang baru, jadi memang lebih baik segera diurus. Prosesnya tidak selama mengurus perpanjangan visa kok 🙂 Jangan lupa membawa “surat sakti” dari polisi, paspor dan identitas lain (student ID card misalnya). Resient card baru langsung jadi dan diserahkan di hari itu juga.

4. Pergi ke Bank untuk membuat kartu atm baru.
Kartu baru biasanya baru jadi seminggu kemudian dan dikirim ke kita via pos. Meskipun kartu atm diblokir, buku tabungan biasanya tetap bisa dipakai untuk menarik dan mengirim uang (untuk kasus Japan Post ya, kurang tahu juga bank lain)

5. Pergi ke city hall (shiyakusho/kuyakusho) untuk melaporkan resident card yang baru.

6. Membuat national health insurance card baru di city hall. Tidak dipungut biaya untuk hal ini.
Keywordnya ketika lapor ke petugas: “hokensho nakushite shimaimashita”.

7. Jika kartu atm atau resident card ditemukan oleh polisi biasanya kita akan dihubungi dan disuruh mengambil (jika dekat), tapi jika ditemukan di kota/perfektur lain biasanya kita akan menerima surat pemberitahuan via pos dan harus menelpon balik.
Polisi akan mengirimkan barang tersebut via pos (biaya kirim COD, kita yang menanggung) dan harus mengirim balik fotokopi kartu identitas dan tanda terima.

8. Jika ada yang mencurigakan setelah kehilangan dompet, segera lapor polisi.
Seorang rekan pernah dikirimi message oleh orang tak dikenal via fb beberapa hari setelah dompetnya jatuh di daerah Roppongi. Orang tersebut meminta pin atm dan mengancam akan mendatangi rumahnya jika tak diberitahu. Kok bisa tahu alamat rumahnya? Karena resident card yang tertulis alamat juga ada di dompet tersebut T.T Setelah lapor polisi, bapak polisinya berjanji akan sesekali memantau rumah rekan tersebut ketika mereka melakukan patrol keliling. Polisi juga berpesan agar melapor lagi jika mendapat pesan serupa di kemudian hari.

Semoga bermanfaat 🙂

Baca serial kehidupan di Jepang lainnya.

#AyoShareyangPositif
#AyoLebihBaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s