Prayer Room / Mushola Kyushu Institute of Technology (Kyutech)

kyutech 2
Kyutech memiliki 3 kampus: Tobata, Wakamatsu, dan Iizuka. (Sumber: Brosur Kyutech)

Pada kesempatan kali ini saya mau menuliskan informasi tentang kampus saya, Kyushu Intistute of Technology, khususnya yang berkaitan dengan muslim. Informasi seperti itu tentunya tidak akan kita dapatkan dari brosur kampus atau website kampus. Paling banter, ya dari tulisan-tulisan di blog seperti yang saya lakukan ini. Nah, oleh karena itulah, barangkali ada yang akan berkuliah atau mungkin sudah diterima (tapi belum berangkat ke Jepang) di salah satu dari kampus tersebut dari Indonesia dan dia muslim, semoga informasi yang saya tuliskan ini bermanfaat. Perlu dicatat, bahwa tulisan ini dibuat pada tahun 2019, dan penulis tinggal di Kitakyushu dan berkuliah di Kyutech sejak Oktober 2016. Jika pembaca membaca tulisan ini 5 atau 10 tahun (atau bahkan lebih), setelah tulisan ini dibuat, boleh jadi ada beberapa perubahan yang tidak tertulis di dalam blog ini.

Informasi apa yang akan didapat dari tulisan ini?

  1. Lokasi prayer room / mushola kampus, Kyushu Institute of Technology (Kyutech)
  2. Guidance / petunjuk menuju komunitas muslim di kampus Kyutech dan sekitarnya

Tulisan ini saya bagi dalam beberapa bagian. Pertama, saya akan mengulas sedikit tentang 3 kampus yang dimiliki Kyutech beserta spesifikasinya. Tidak mendalam, hanya sekedar lokasi dan sedikit informasi tentang spesifikasi kampus. Kalau mau informasi lengkap mengenai Kyutech, silahkan baca brosur kampus saja. Bagian kedua, saya akan berikan informasi yang bermanfaat bagi muslim di sana, berkaitan dengan tempat sholat (5 waktu dan sholat jumat) serta akses pada makanan halal.
Kyutech: Tobata, Wakamatsu, Iizuka

Sebagaimana yang tertulis di gambar tersebut, Kyutech memiliki 3 kampus: Tobata, Wakamatsu dan Iizuka. Dari ketiga kampus tersebut, Tobata adalah kampus pusat, sedangkan dua lainnya kampus cabang. Ketiganya terpisah jarak puluhan km. Jarak Tobata-Wakamatsu sekitar 20 km, jarak Wakamatsu-Iizuka sekitar 34 km dan jarak Tobata-Iizuka sekitar 41 km. Waktu tempuhnya tentu berbeda-beda bergantung pada moda transportasi yang digunakan.

Setiap kampus memiliki spesifikasi tersendiri. Kampus Tobata dengan School of Engineering / Graduate school of engineering, kampus Wakamatsu dengan Graduate School of Life Science and Systems Engineering, dan kampus Iizuka dengan School of Computer Science and Systems Engineering / Graduate School of Computer Science and Systems Engineering.
Apa sih bedanya antara “School of” dan ‘Graduate School of”?

Bedanya adalah untuk “School of” berarti untuk jenjang S1 (undergraduate), sedangkan “Graduate School of” itu untuk jenjang S2 (Magister) dan S3 (Doktoral). Pada jenjang S1 fokus perkuliahan ada pada materi-materi dasar. Sedangkan pada S2 dan S3, tidak hanya materi perkuliahan, tetapi fokusnya lebih besar pada penelitian. Jadi untuk Kyutech, S1 ditampung di kampus Tobata dan Iizuka, sedangkan S2 dan S3 ada di semua kampus.
Bagaimana kehidupan muslim di sana?

Sebagai seorang muslim, ketika akan memutuskan tinggal atau berkunjung ke sebuah negara minoritas muslim, maka setidaknya ada 2 hal yang perlu dicari informasinya. Dua hal itu adalah tempat sholat dan akses makanan halal. Atau setidaknya dapat 1 dari dua hal itu, yaitu tempat sholat. Karena dari tempat sholat itu, akan kita temukan komunitas. Dan dari komunitas, akan kita dapatkan beberapa informasi berharga mengenai teknik hidup, makanan halal, kegiatan dan lain-lain.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa jarak antara kampus yang jauh, maka setiap kampus memiliki komunitas sendiri dan memiliki tempat sholat sendiri.

1. Tobata Campus

Sebelum saya datang dan tinggal di Kitakyushu, komunitas muslim di Tobata Campus jumlahnya cukup banyak, puluhan. Dan boleh jadi yang terbanyak diantara kampus yang lain saat itu. Namun, pada era 2016-2019, jumlah muslim di sana menyusut karena mayoritas telah menyelesaikan pendidikannya dan kembali ke negaranya masing-masing. Di kampus ini tidak ada ruangan yang berfungsi sebagai mushola untuk melaksanakan sholat 5 waktu secara berjamaah. Tetapi, muslim di kampus ini tetap dapat melaksanakan sholat jumat berjamaah dan sholat idul fitri/adha di ruang kaikan.

Lokasi: Kaikan Hall, International House A

Tobata
Peta Kyutech, kampus Tobata. Lokasi Sholat jumat ada di bagian belakang kampus.
P_20190611_125455
Suasana Sholat Jumat di Kaikan Hall Kyutech, Tobata

2. Wakamatsu Campus

Berbeda dengan kampus Tobata, di kampus Wakamatsu, komunitas muslim di sana diberikan sebuah ruangan yang asalnya adalah gudang, sejak sebelum tahun 2016 dijadikan Prayer Room. Prayer room ini biasanya digunakan untuk melaksanakan sholat 5 waktu setiap hari (berjamaah atau sendirian). Ruangan tersebut dapat menampung sebanyak 6-8 jamaah.

Lokasi: Gedung Kyutech wakamatsu lantai 7, tepat di samping lift.

P_20190611_125558
Suasana Mushola Kyutech, Kampus Wakamatsu

Prayer room ini hanya untuk sholat 5 waktu saja. Lalu bagaimana dengan sholat jumat dan sholat idul fitri/adha? Mengingat di lokasi yang sama ada 2 kampus lainnya, yaitu Waseda University dan Univeristy of Kitakyushu, maka tentunya jumlah muslim di sini lebih banyak dibandingkan dengan kampus Tobata. Ada sekitar 40 muslim di sini berasal dari berbagai negara dan saat tulisan ini dibuat, jumlah muslim terbanyak berasal dari Indonesia. Artinya ada banyak pelajar Indonesia di sekitar wilayah ini. Oleh karenanya, setiap sholat jumat komunitas muslim di sana meminjam salah satu ruangan milik Univeristy of Kitakyushu. Adapun untuk sholat 5 waktu, setiap kampus tersebut memiliki praying room tersendiri. Selain sholat jumat, shalat lain yang membutuhkan tempat yang luas seperti Shalat Tarawih, Shalat Idul Fitri/Adha, dan kegiatan keislaman lainnya, komunitas muslim di sini selalu meminjam tempat. Ada 2 tempat yang biasa dipinjam, kaikan hall dan club center.

Lokasi 1: Kaikan hall (gedung berwarna kuning)

Lokasi 2: Club center (gedung berbentuk bulat)

Peta Hibikino
Tiga kampus di wilayah Hibikino, Wakamatsu.

This slideshow requires JavaScript.

Komunitas muslim Tobata dan Wakamatsu (termasuk dari Waseda Univ. dan Univ. of Kitakyushu), mengingat lokasinya berada di Kota yang sama yaitu Kitakyushu, mereka memiliki forum komunikasi di media Facebook, bernama Muslim Association in Kitakyushu (MAKITA). Adapun muslim Indonesia juga memiliki komunitas sendiri, bernama Keluarga Muslim Indonesia di Kitakyushu (KAMIKITA). Mungkin ada yang bertanya-tanya “kok ada dua? kenapa ga satu aja?”. Dua forum komunikasi itu sama-sama komunikasi antar sesama muslim. Bedanya, MAKITA adalah forum international (tidak hanya Indonesia) dan mayoritas mahasiswa. Sedangkan KAMIKITA adalah forum komunikasi khusus muslim Indonesia lintas profesi (mahasiswa, pekerja, perawat, mix-married, dll). Agar mempermudah komunikasi antar sesama muslim Indonesia, maka KAMIKITA hadir memfasilitasi.

Dan perlu diketahui pula, bahwa komunitas muslim di Tobata dan Wakamatsu serta beberapa elemen masyarakat muslim lainnya di Kitakyushu saat ini sedang berusaha membeli sebuah banguan yang nantinya akan berfungsi sebagai Islamic Cultural Center. Tentu di dalamnya nanti akan ada berbagai aktivitas keislaman yang diperuntukkan untuk muslim Kitakyushu dan juga pengenalan utnuk penduduk Jepang. Kampanye ini sudah berlangsung sejak tahun 2009. Informasi selengkapnya, mengenai donasi, kegiatan, dll dapat dilihat di Fanpage KAMIKITA atau di sini atau di channel youtube KAMIKITA.

3. Iizuka Campus

Berbeda dengan kedua kampus sebelumnya dari sisi lokasi, kampus Iizuka terletak bukan di kota Kitakyushu, melainkan di kota Iizuka, tetapi masih dalam Prefektur yang sama, yaitu Fukuoka. Di kampus ini, ada satu ruangan tepat sebelum atap gedung Riset (Department Research Building) yang dapat digunakan sebagai mushola. Saya lupa di lantai berapa tepatnya. Yang jelas, kalau naik lift, tujulah lantai paling atas, setelah itu cari tangga, dan naik lagi. Dan melihat tempatnya yang cukup luas, mungkin di tempat ini pula dilaksanakan sholat jumat berjamaah. Saya hanya sekali mengunjungi mushola ini, itupun ketika malam hari di hari kerja.

Iizuka.jpg
Peta Kyutech kampus Iizuka. Prayer room terletak di gedung nomor 8 pada gambar.
P_20190611_125340
Suasana Prayer Room Kyutech, kampus Iizuka

Nah, jika diantara para pembaca ada yang mendapatkan beasiswa dan akan mengenyam pendidikan di salah satu dari ketiga kampus Kyushu Institute of Technology (Kyutech), jangan khawatir dengan tempat sholat. InsyaAllah ketiga kampus Kyutech memiliki tempat sholat. Dari tempat sholat itulah anda akan berjumpa dengan muslim lainnya, bertemu dengan komunitas muslim. Dan dari komunitas itulah anda akan mendapati banyak informasi tentang makanan halal dan akses ke sana, kegiatan keislaman di sekitar kampus, dan lain-lain.

Semoga tulisan ringan ini bermanfaat dan bisa menjadi pemberat timbangan kebaikan di akhirat kelak.

Baca serial kehidupan di Jepang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s