Kerja di Jepang?

Tulisan ini diperuntukkan bagi mereka yang mencari kerja di Jepang. Jalur-jalur yang disebutkan di bawah ini bukan melalui jalur profesi (melalui proses belajar terlebih dahulu pada jenjang seperti S1, S2, atau S3 di Jepang lalu setelah lulus mencari kerja di Jepang), melainkan melalui jalur keahlian yang telah dimiliki sebelumnya. Adapun tulisan mengenai jalur kerja pasca kampus di Jepang, dapat dibaca di sini. Tulisan ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber yang shahih, terutama pengalaman teman-teman saya yang menempuh jalur-jalur tersebut. Perlu diperhatikan, bahwa tulisan ini lumayan panjang, karena ada beberapa jalur yang disebutkan pada tulisan ini termasuk informasi cara mendaftar, perkiraan besaran gaji, dan informasi komunitas muslim. Berikut ini adalah beberapa “jalur” yang bisa ditempuh bagi warga Indonesia yang ingin bekerja di Jepang.

1. JALUR MAGANG

A. Persyaratan khusus:
– Pria
– Usia minimal 19 tahun 6 bulan, dan maksimal 26 tahun saat tes seleksi
– Untuk lulusan SMK mInimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun.
– Tidak buta warna (total/parsial), dan berkaca mata/kontak lens
– Tidak bertato atau bekas tato
– Tidak bertindik atau bekas tindik

B. Persyaratan administrasi:
– KTP masa berlaku minimal 2 tahun di tempat seleksi diadakan, jika penduduk pendatang
– Kartu Keluarga
– Kartu Kuning (AK1)
– Akte Kelahiran
– Sertifikat latihan kerja minimal selama 160 jam pelajaran atau pengalaman kerja di bidang teknik minimal selama 6 bulan bagi lulusan non teknik. Bagi lulusan SMK/STM (mesin, otomotif, listrik, elektronika, las, teknik industri, bangunan, juru gambar, kimia, teknik jaringan komputer, mekanisasi pertanian, dan perkapalan) sertifikat latihan kerja tidak dipersyaratkan
– Ijazah SD, SLTP, SLTA / SMK dan D3/S1
– Rapor SLTA / SMK
– Surat keterangan sehat dari Dokter
– Surat ijin orang tua/wali/istri
– Surat pernyataan belum pernah ikut magang di Jepang bermaterai
– Surat Lamaran mengikuti program
– Pas poto 4×6 dan 3×4 @ 5 lembar
– Surat Rekomendasi RT, RW, dan Kelurahan
– Surat Keterangan Catatan Kepolisian / SKCK untuk keterangan melamar pekerjaan / mengikuti pelatihan (bukan magang ke Jepang) dari Polres setempat
– Foto keluarga berlatar belakang rumah ukuran 5 R 3 lembar

C. Persyaratan teknis:
– Minimal lulusan SLTA atau sederajat
– Lulus tes matematika
– Lulus kesemaptaan tubuh
– Lulus tes ketahanan fisik
– Lulus wawancara
– Lulus medical check up

D. Biaya yang mesti disiapkan:
– Biaya hidup selama mengikuti seleksi
– Biaya hidup selama mengikuti pelatihan daerah
– Biaya pembuatan pasport dan visa
– Biaya cek kesehatan / MCU
– Bekal awal ke Jepang sekurang-kurangnya ¥10,000
– Transpor dari daerah ke pusat
– Biaya-biaya lain untuk keperluan peserta sendiri

E. Gaji
Mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai besaran gaji bekerja di Jepang sebagai ‘magangers’ atau trainee atau kenshusei. Sepanjang pengetahuan saya selama berinteraksi dengan teman-teman kenshusei, gaji yang mereka terima besarannya bergantung pada wilayah dimana mereka tinggal. Kalau di Indonesia namanya UMR, Upah Minimum Regional. Tapi sebagai gambaran, besaran gaji kotor (take home pay) yang diterima ada pada kisaran ¥120.000 – ¥140.000 per bulan atau kurang lebih sekitar 13-16 juta rupiah. Gaji bersihnya, setelah dipotong pajak, asuransi (houken), uang pensiun (nenkin), dll mungkin sekitar ¥100.000 yen atau sebesar 13 juta rupiah. Ini berdasarkan percakapan saya dengan teman-teman Kenshusei di Wakamatsu, Prefektur Fukuoka. Di tempat lain, boleh jadi berbeda. Tapi jangan khawatir, untuk nenkin, insyaAllah setelah selesai masa tugas dan kembali ke Indonesia dapat dicairkan. Tetapi ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Keterangan lebih lanjut silahkan cari informasinya di Facebook atau bertanya kepada para senior (senpai).

Trus, biaya hidup di Jepang berapa ya kira-kira? Wah kalau ini juga bergantung pada tempat tinggal masing-masing. Berhubung saya mahasiswa dan tinggal di Kitakyushu bersama keluarga, kalau mau tau perkiraan besarannya, silahkan baca tulisan saya yang ini.

F. Komunitas Muslim se-profesi
Bagi calon kenshusei yang muslim, insyaAllah di Jepang ada komunitas yang isinya para kenshusei yang berasal dari seluruh Jepang. Sebagaimana yang pernah saya singguh di tulisan saya yang lain, bahwa jika kita pergi dan menetap dalam jangka waktu cukup lama di negara minoritas muslim, maka hal pertama yang harus dicari adalah komunitas muslim atau masjid. Dari sana kita akan mendapatkan banyak informasi termasuk diantaranya adalah informasi seputar kehidupan seperti makanan halal dan kegiatan. Untuk daftar dan lokasi masjid di Jepang, bisa dilihat di sini. Adapun komunitas muslim yang khusus trainee, ada “Ikatan Persaudaraan Trainee Indonesia di Jepang” atau disingkat dengan IPTIJ. Saat ini, aktivitas memang lebih banyak di Tokyo, terutama di Masjid Indonesia Tokyo. Tetapi bagi yang tinggal jauh dari Tokyo jangan khawatir atau bersedih, karena kegiatan mereka banyak dan ada yang online juga seperti pengajian online dan lain sebagainya. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi link ini. So, bekerja di Jepang melalui jalur ini jangan hanya diniatkan untuk mencari keuntungan duaniwi semata, tapi niatkanlah segalanya untuk Allah agar semuanya menjadi bernilai ibadah. Dan IPTIJ dalam hal ini menjadi sarana pengingat itu semua.

IPTIJ

Anda memenuhi syarat dan tertarik untuk daftar kerja melalui jalur ini? Keterangan lebih lanjut bisa diperoleh di sini. Pilih No. 5 bagian PEMAGANGAN dan pilih LUAR NEGERI. Prosedur ataupun persyaratan dan jadwalsSeleksi semua ada disitu semuanya, Lembaga pengirim atau LPK / SO bisa dicek di situ.

2. JALUR GOVERNMENT TO GOVERNMENT (G To G)

Jalur ini untuk Tenaga Kesehatan. Bidang ini dibuka oleh pemerintah Jepang salah satunya karena jumlah lansia di Jepang meningkat dan membutuhkan tenaga kerja pada bidang tersebut. Ada dua kategori: Perawat Rumah Sakit (Kanggoshi) dan Perawat Lansia (Kaigofukushi).

A. Persyaratan dan pendaftaran

Informasi syarat, pendaftaran, waktu pendaftaran, mekanisme dan informasi lainnya untuk tahun 2020 dapat dilihat di sini. Pengumuman hasil seleksi dan test pendaftaran: http://portal.bnp2tki.go.id/gtog_jepang/indeks/prosedur
Informasi pengumuman lainnya: http://www.bnp2tki.go.id/gtog-jepang/info

B. Besaran gaji perawat di Jepang

Nah, kalau bicara gaji, akan mudah di pahami membagi lagi kategori :

  • Calon Kanggoshi (sebelum lulus)
  • Sudah lulus Kanggoshi,
  • Calon Kaigofukushi (3 tahun pertama sebelum lulus),
  • Sudah Lulus Kaigofukushi.
  • Ada juga jyunkango, terkait jyunkanggo sulit menjelaskannya di tulisan ini, InsyaAllah di lain waktu.

Pada dasar nya, Gaji berbeda berdasarkan tempat kerja masing-masing. Tetapi, dalam profesi yang sama perbedaan nya tidak terlalu signifikan

1. Calon Kanggoshi (Sebelum lulus ujian nasional) :
Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 150.000 – ¥ 160.000. Setelah dipotong Pajak, Asuransi, Asrama/sewa rumah, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥100.000 – ¥110.000 atau setara dengan 13-14,5 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya gas, listrik, air, makan dan Jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji calon kanggoshi cukup seragam dan hampir sama.
— Calon Kanggoshi umum nya tinggal di asrama

2. Kanggoshi (Sudah lulus ujian nasional) :
Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 350.000 – ¥ 420.000 (dengan 4-5 kali dinas malam). Setelah dipotong Pajak~Asuransi, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥ 300.000 – ¥ 320.000 atau setara dengan 39-41,5 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya rumah, gas, listrik, air, makan dan Jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji kanggoshi cukup bervariasi. Tergantung masa kerja, tugas tambahan Leader, tunjangan anak/keluarga.

3. Calon Kaigofukushi (Sebelum lulus ujian nasional) :
Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 170.000 – ¥ 200.000. Setelah dipotong Pajak, Asuransi, Asrama/sewa rumah, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥ 130.000 – ¥140.000 atau setara dengan 16,5-18 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya gas, listrik, air, makan dan jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji calon kaiggofukushi cukup bervariasi, berdasarkan kesempatan dinas malam.
— Calon Kaigofukushi umum nya tinggal di asrama

4. Kaigofukushi (Sudah lulus ujian nasional) :
Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 240.000 – ¥ 250.000 (dengan 4-5 kali dinas malam). Setelah dipotong Pajak~Asuransi, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥ 200.000 – ¥ 210.000 atau setara dengan 26-27,3 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya rumah, gas, listrik, air, makan dan jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji kaigofukushi cukup bervariasi. Tergantung masa kerja, tugas tambahan Leader, tunjangan anak/keluarga.

C. Komunitas muslim se-profesi

Seperti pada jalur sebelumnya, kenshusei, para perawat muslim asal Indonesia juga memiliki komunitas di Jepang. Mereka menamakan diri sebagai “Ikatan Perawat Muslim Indonesia” atau disingkat dengan IPMI Jepang. Banyak kegiatan yang mereka lakukan. Dari mulai penyambutan, pengajian, pendampingan ujian, bahkan bakti sosial kepada warga Jepang pun mereka lakukan. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi link ini atau di sini. So, menjadi perawat di Jepang jangan hanya mencari keuntungan duniawi semata, tetapi kejarlah akhirat. Dan komunitas IPMI ini menjalankan fungsinya untuk mengingatkan teman-teman se-profesi agar selalu ingat kepada Allah dan beramal shaleh dimanapun berada.

IPMI Jepang

D. Permanent resident

Salah satu keuntungan berkerja melalui program G to G khususnya perawat adalah kemungkinan untuk dapat menjadi permanent resident (menetap dalam jangka waktu yg lama dengan beberapa fasilitas). Untuk mendapatkannya tentu ada ‘rintangan’ yang harus dilalui. Diantaranya adalah lulus ujian negara. Informasi lebih lanjut, bisa ditanyakan langsung kepada teman-teman se-profesi atau kepada senpai (senior).

3. JALUR LAMAR LANGSUNG

Untuk yang mereka yang memiliki skill tertentu dan sertifikat JLPTN2 atau JLPTN1, silakan melamar langsung ke perusahaan Jepang dan jika beruntung bisa gratis ke Jepang, tergantung negosiasi.
http://bit.ly/lamarlangsung
http://bit.ly/lamarkerjalangsung

Atau bisa juga melalui head hunters (biro pencari kerja) seperti Daijob.

4. JALUR TOKUTEI GINOU (TG)

Jalur ini masih baru dan belum lama ini (tahun 2019) ditandatangani dokumen kerjasamanya antara pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia. Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI akan membuat situs khusus bagi peserta Tokutei Ginou (TG).

Melalui situs itu perusahaan Jepang yang mencari lowongan bisa mem-posting di situs itu. Lalu tenaga kerja Indonesia bisa langsung melamar (kalau tertarik) lowongan yang tersedia.

Program TG ada dua tingkatan yaitu TG 1 dan TG 2. TG 1 lima tahun dan apabila diperpanjang ada perusahaan Jepang tetap menggunakan orang tersebut maka bisa ikut TG2 dan di dalam masa TG2 bisa membawa keluarganya ke Jepang.

Pemagang yang pernah ke Jepang boleh ikut program TG tersebut hanya saja diharapkan usianya kurang dari 30 tahun.

Demikian tulisan ini dibuat. Semoga bermanfaat.

Baca serial kehidupan di Jepang lainnya.

10 thoughts on “Kerja di Jepang?

  1. Assalamu’alaikum kak,
    Maaf mau tanya kak!
    Saya magang di jepang 3 tahun selesai lalu perusahan memperpanjang kontrak saya 2 tahun, dan kebetulan akan habis kontrak tahun 2020 bln 6.
    (Proses saya bisa sampai di jepang semua di urus oleh kumiae)
    Nah perusahaan saya ingin memperpanjang kontrak saya, namun pihak kumiae tidak mau memproses perpanjang saya karena mungkin perpanjangan saya tidak menguntungkan bagi kumiae ( lebih memilih memproses anak baru)
    Apakah ada jalan jika memang perusahaan saya ingin perpanjang kontrak saya?
    Yoroshiku onegaishimasu

    Like

  2. Assalamualaikum kak…
    Saya ingin bekerja di jepang. Seperti pelayan restoran. Karena saya belum ada keterampilan apa. Bagaimana caranya saya bisa bekerja di jepang

    Like

    1. Waalaikumsalam
      Pelayan restoran itu masuknya kategori part-time job (kerja paruh waktu). Untuk bisa kerja paruh waktu setidaknya butuh visa pelajar. Jadi memang tidak dibuka pelayan untuk dari luar negeri kecuali hanya kerja paruh waktu saja dan itupun biasanya hanya untuk mahasiswa.

      Like

  3. Terimakasih sudah berbagi tips dan pengalamannya, semoga pengalaman anda dapat membantu pencari kerja lainnya dalam menghadapi tes kerja semacam ini. Salam kenal dari saya admin website lowongan kerja aceh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s