Serial kehidupan di Jepang

my lil fam
Hanami 2019

Alhamdulillah telah terkumpul berbagai catatan berisi pengalaman-pengalaman selama hidup di Jepang. Pengalaman-pengalaman hidup ini boleh jadi ada kemiripan dan kecocokan dengan kehidupan dan tinggal di negara lain, terutama negara di kawasan Asia Timur seperti Korea Selatan. Bagi pembaca yang mungkin sedang merencanakan untuk tinggal dan menetap dalam jangka waktu cukup lama baik dalam rangka studi ataupun bekerja di salah satu dari negara tersebut, boleh jadi sangat membutuhkan informasi tersebut. Oleh karena itu, dalam catatan kali ini saya ringkaskan beberapa hal yang berkaitan dengan merancang kehidupan di Jepang. Selamat membaca.

  1. Bagi para mahasiswa dan calon mahasiswa pemburu beasiswa, ada beberapa jalur beasiswa yang dapat ditempuh untuk dapat bersekolah tingkat tinggi di Jepang. Informasi-informasi beasiswa di Jepang, biasanya saya post di sini.
  2. Bagi anda yang sudah memiliki keahlian dan ingin mencoba bekerja di Jepang, di dalam tulisan saya yang ini ada informasi seputar jalur-jalur yang dapat ditempuh untuk dapat bekerja di Jepang.
  3. Anda penasaran dengan biaya hidup tinggal di Jepang. Mau tau perkiraan biaya hidup di Jepang terutama Kitakyushu? Silahkan baca catatan saya yang ini.
  4. Anda muslim dan bingung dengan makanan halal jika anda pergi ke Jepang? Saran saya cari tau komunitas muslim atau informasi masjid di sekitar tempat tinggal anda. Untuk informasi komunitas muslim di Kitakyushu, silahkan baca ini. Adapun informasi masjid seantero Jepang, bisa anda dapatkan informasinya di sini.
  5. Jika anda mahasiswa dan tertarik mengundang anak dan istri ke Jepang untuk menemani anda selama menempuh pendidikan, catatan saya yang satu ini memberikan informasi prosedur mendatangkan mereka ke Jepang.
  6. Istri hamil di Jepang? Atau mau bawa istri yang sedang hamil ke Jepang? Jangan khawatir, ini catatan saya seputar itu.
  7. Butuh bantuan orang tua dan ingin mendatangkannya ke Jepang saat istri akan melahirkan, simak tulisan saya di sini.
  8. Anda sudah berkeluarga, keluarga sudah bersama anda di Jepang tapi pengeluaran bulanan terasa besar sekali dan ingin menekan beberapa pengeluaran? Coba pindah ke danchi atau rumah susun ala Jepang. Baca informasinya di sini.
  9. Pernah merasa kesulitan saat ingin jalan-jalan bersama keluarga karena sarana transportasi yang ada di sekitar tempat tinggal jarang sekali sehingga anda kesulitan mengatur waktu (sering ketinggalan kereta atau bus)? Coba ikut tes mengendara di Jepang. Karena setelah lulus dan dinyatakan layak berkendara di Jepang, maka anda dapat memiliki kendaraan pribadi. Baca catatan saya di sini.
  10. Tertarik menjajaki dunia kerja pasca kampus dan berkarir di salah satu perusahaan di Jepang? Coba baca catatan saya yang satu ini.
  11. Pernah terbayang menikah di luar negeri, khususnya di Jepang? Tertarik melangsungkan pernikahan di Jepang? Baca catatan saya yang ini.
  12. Kehilangan dompet beserta isinya di Jepang? Lakukan hal-hal ini.
  13. Menghadiri international conference di Eropa dari Jepang, ini catatan pengalaman saya ketika bekeliling menjelajahi 3 negara Eropa selama sebulan dari Jepang.
  14. Tertarik menjadi permanent resident di Jepang, silahkan penuhi syarat-syaratnya seperti yang tertulis di sini.

Semua catatan tersebut sifatnya teknis. Yang saya maksud dengan teknis adalah lebih banyak bercerita tentang cara, cara mengundang anak dan istri misalnya, apa saja yang harus dilakukan, dokumen apa saja yang perlu disiapkan, dsb. Adapun nilai moral dari catatan tersebut ya hanya sebatas pada informasi teknis prosedural saja. Jika anda tertarik mengenai value atau nilai hidup sebagai seorang muslim di Jepang, saya merekomendasikan untuk membeli buku “MUSURIMU” seperti yang tertera pada gambar di bawah ini. Buku ini banyak mengupas aspek nilai (value) dari kehidupan muslim di Jepang. Tidak hanya itu, informasi-informasi lainnya seperti haji, pengurusan jenazah muslim di Jepang, dan lainnya yang tidak ada di dalam catatan saya ini, insyaAllah ada di dalam buku tersebut. Disamping itu pula, yang paling menarik adalah bahwa seluruh keuntungan hasil penjualan buku ini nantinya akan menjadi donasi pembangungan masjid atau islamic cultural center yang pertama di Kitakyushu. Tidak ada sepeserpun masuk ke kantung pribadi para penulis ataupun penerbit. Oleh karenanya dengan membeli buku ini, secara tidak langsung, selain anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih tentang muslim di Jepang terutama berkaitan dengan nilai seperti yang saya sebutkan di atas tadi, anda juga mendapatkan amal jariyah yang nantinya insyaAllah dapat memperberat timbangan kebaikan anda di akhirat kelak. Selama kaum muslimi. masih bersujud di dalam masjid yang dibangun tersebut, maka pahala akan terus mengalir kepada para donatur. Menarik kan? Untuk pemesanan, silahkan klik tautan ini: http://bit.do/PesanBukuMuSuRiMu

Buku musurimu

Donasi pembangunan masjid di Kitakyushu juga dapat disalurkan melalui ini: https://kitabisa.com/masjidkitakyushu

kitabisakitakyushu

2 thoughts on “Serial kehidupan di Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s