Pengalaman Apply Schengen Visa dari Jepang

Kedubes Belanda di Jepang
Saat mengunjungi kedubes Belanda di Jepang

Tepat setahun yang lalu, yakni tahun 2018, saya melakukan perjalanan panjang ke Eropa. Perjalanan tersebut dilakukan dalam rangka mendapatkan 2 SKS dari kampus (Kyushu Institute of Technology) dengan cover insternship dan juga sekaligus conference. Setidaknya ada 2 negara tujuan yaitu Belanda dan Republik Ceko. Mengunjungi Belanda untuk keperluan riset di University of Twente dan dilanjutkan dengan mengunjungi Republik Ceko untuk keperluan conference dengan menempuh perjalanan darat melintasi Jerman. Untuk dapat mengunjungi dan menetap beberapa hari di kedua (bahkan tiga) negara tersebut tentunya membutuhkan izin tinggal atau yang dikenal dengan sebutan visa. Inilah pertama kalinya saya menjejakkan kaki di Eropa.

Karena ini baru pertama kalinya akan mengunjungi Eropa dan sekaligus mengunjungi 2-3 negara, tentu saja saya bingung. Pertama adalah mengenai visa, apakah saya harus apply visa di 2-3 negara tersebut atau tidak? Kalaulah tidak perlu semuanya, lalu melalui kedutaan mana saya harus apply visa? Lalu apa saja syaratnya khususnya untuk yang berstatus mahasiswa asing di Jepang?

Jawaban atas pertanyaan pertama mengenai visa, ternyata untuk masuk ke Eropa ada yang namanya Schengen Visa. Dengan menggunakan Schengen Visa ini kita dapat masuk ke beberapa negara Eropa yang terdaftar. Adapun negara-negara yang terdaftar adalah sebagai berikut (lihat gambar).

schengen_eu_countries.jpg
Sumber gambar: https://www.schengenvisainfo.com/

Dari gambar tersebut tampak bahwa Belanda, Jerman dan Ceko masuk dalam kategori negara yang menerima Schengen Visa. Berarti saya cukup apply visa di salah satu kedubes dari ketiga negara tersebut.

Kedubes manakah yang harus dipilih sebagai tempat apply visa schengen?

Jawabannya adalah tempat dimana kita akan tinggal lebih lama. Karena saya akan menghabiskan sekitar 20 hari di Belanda dan hanya seminggu di Republik Ceko, maka saya harus apply Schengen Visa di Kedubes Belanda di Jepang. Belanda memiliki beberapa perwakilan kenegaraan di Jepang, tetapi untuk apply visa hanya dapat dilakukan di Kedubes yang berada di Tokyo.

Mengenai persyaratan dokumen adalah sebagai berikut:

  1. Passport. Usahakan masa berlaku paspor anda lebih dari 6 bulan dari tanggal kadaluarsanya.
  2. Jika nama anda hanya satu kata seperti saya, siapkan dokumen pendukung. Kadang ada beberapa kendala bagi mereka yang hanya memiliki satu kata pada nama. Dokumen pendukung yang dimaksud bisa berupa akta kelahiran.
  3. Bagi mahasiswa, terlebih mahasiswa asing asal Indonesia, siapkan dokumen yang menyatakan status mahasiswa. Dokumen ini dapat diminta dari pihak kampus.
  4. Jika anda mahasiswa asing dengan beasiswa, maka sertakan juga keterangan memperoleh beasiswa. Dokumen ini dapat diminta dari pihak kampus. Dan untuk lebih memperkuat lagi, dapat pula sertakan fotocopy rekening 6 bulan terakhir.
  5. Invitation letter (surat undangan) dari pihak yang berada di Belanda. Misal professor di sana. Jika akan berkunjung ke 2 negara, sertakan pula surat undangan dari negara lain.
  6. Mengisi form aplikasi Schengen Visa. Formnya dapat diunduh di sini.
  7. Sertakan bukti kependudukan di Jepang (foto copy ID card, Zaryu ka-do)
  8. Pas foto terbaru (tidak lebih dari 6 bulan) yang memenuhi kriteria. Kriterianya dapat dilihat di sini.
  9. Sertakan pula bukti asurasi perjalanan (travel insurance). Coba tanyakan ke International office mengenai hal ini. Travel insurance mencakup biaya pengobatan dengan biaya minimum 30.000 euro.
  10. Booking tiket pesawat PP.
  11. Sertakan pula bukti booking hotel atau keterangan dimana anda akan tinggal selama di Belanda.
  12. Jadwal perjalanan (itinerary) selama di Belanda.
  13. Isi dokumen ini untuk pengiriman paspor dan visa dengan jasa pos. Tak lupa sertakan pula letter pack berwarna merah yang dibeli dari kantor pos terdekat.
  14. Terakhir dokumen checklist.
  15. Jangan lupa bayar visa sebesar atau yang setara dengan 60 euro.

Setelah semua dokumen di atas lengkap dan sebelum berangkat menuju kedubes Belanda, maka jangan lupa membuat janji terlebih dahulu dengan pihak konsuler kedubes Belanda di Jepang. Kalau tidak membuat janji, maka anda tidak akan dilayani. Untuk membuat janji kunjungi link ini.

 

tracking
Tracking card

Setelah semuanya selesai, mereka (pihak kedubes) akan memberikan anda kartu untuk dapat memantau status terakhir proses aplikasi visa anda dan meminta anda menunggu di rumah sampai paspor anda terima.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s