Alhamdulillah, selesai…

p_20191007_1520346406690817834269319.jpg
Jelang sidang terbuka

Setelah dihujani berbagai pertanyaan sampai melebihi batas waktu yang ditentukan, urusan berlanjut ke meja makan bersama para penguji. Alhamdulillah semua pertanyaan dapat terjawab dengan baik sehingga akhirnya dinyatakan lulus.

Alhamdulillah, ucapan terima kasih pertama kali saya ucapkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, bersyukur kepada Allah atas segala limpahan nikmat, baik itu nikmat sehat, nikmat iman, nikmat islam, yang dengan semua nimat itu semua modal untuk menjalani hidup di dunia menjadi lengkap. Dan akhirnya, setelah tiga tahun menempuh pendidikan doktoral di Jepang, nanti malem bisa tidur nyenyak setelah melalui proses sidang terbuka. Kuliah doktoral sambil momong 3 krucils memang ‘sesuatu’ sekali rasanya.

p_20191007_1656314889071794853077046.jpg
Bersama istri dan anak setelah menyelesaikan sidang terbuka

Ucapan terima kasih selanjutnya saya ucapkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa alihi wa shahbihi wa sallam atas ilmu dari Allah yang beliau sampaikan kepada para sahabat yang kemudian dibukukan dalam bentuk Quran, hadits, dan sirah nabawiyah. Sehingga setiap ayat Allah dapat dipelajari dengan baik oleh generasi-generasi setelahnya.

Ucapa terima kasih selanjutnya saya ucapkan kepada istri tercinta Hilyah Aulia atas segala sesuatunya. Terima kasih kepada keluarga di Indonesia, orang tua dan mertua serta semua keluarga yang tak putus memberikan dukungan dan doa. Terima kasih juga kepada para guru, dosen, dan asatidz yang telah membimbing dari dulu sampai sekarang.

Dan tak lupa pula, terima kasih kepada teman-teman PPI Kitakyushu atas doa dan support nya, mereka yang juga menjadi keluarga di perantauan. Alhamdulillah akhirnya  #SidangTerbukaSelesai.

Ucapan terima kasih selanjutnya saya ucapkan kepada pemerintah Jepang melalui kementrian pendidikan, kebudayaan, olahraga, sains dan teknologi (MEXT) atau monbukagakusho atas support biaya kuliah dan biaya hidup selama 3 tahun. Terima kasih pula kepada Global Advanced Assistive Robotics (GAAR) program di Kyutech.

acknowledgement8022069375223155821.jpg

Terima kasih pula kepada Prof. Dr. Ir. Wilfred G. Van der Wiel atas diskusi-diskusi menarik seputar nanomaterial science dan aplikasinya dalam brain-inspired computing hardware sejak pertemuan pertama di Osaka tahun 2017, lalu 2018 di Belanda dan Sendai.

p_20191007_1940241834313485125083175.jpg
Bersama para penguji

Terima kasih pula kepada para penguji:
1. Prof. Dr. Pandey Shyam Sudhir (Kyutech), yang banyak mengkritisi bagian sintesis kimia serta analisa fisis dan kimiawinya.
2. Prof. Dr. Tsuyoshi Hasegawa (Waseda Univ. Tokyo & NIMS), yang juga mengkritisi fenomena memristor dan mekanisme yg terjadi di dalam material.
3. Prof. Dr. Takashi Morie (Kyutech), yang mengkritisi konsep dan implementasi nanopartikel untuk reservoir computing, baik aspek matematis, fisis, maupun teknis.

Kritikan, saran dan segala macamnya memang terasa pedas, terutama saat sidang tertutup pertama karena persiapannya sangat mendadak. Berhadapan dengan mereka serasa dikuliti habis. Tapi alhamdulillah sekarang semua sudah berhasil dilampaui.

#Acknowledgements

——-

Terakhir pesan supervisor:
“Beberapa hari ke depan kamu boleh off dari kampus karena kamu bukan lagi mahasiswa. Tapi setelah itu, kamu masuk dan mulai nulis 1 paper lagi dan 1 conference lagi ya”. 😑

#YesLibur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s