Filosofi lebah

Baru-baru ini, lebah dinobatkan sebagai hewan yang sangat berharga di bumi. Hal ini didasarkan pada beberapa fakta diantaranya:

  1. Sekitar 70% pertanian dunia bergantung pada lebah. Lebah memiliki peranan dalam 70 dari 100 jenis makanan (yg diproduksi dari hasil pertanian) yg dimakan oleh manusia. Porsi ini (70%) tentunya sangat besar.
  2. Lebah memfasilitasi reproduksi tumbuhan. Secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa lebah memastikan ketersediaan makanan untuk manusia.
  3. Lebah merupakan satu-satunya makhluk hidup yang tidak membawa patogen atau tidak menjadi vektor penyakit bagi manusia.
  4. Dan dirinya sendiri menghasilkan madu yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Jadi, kalau disimpulkan, lebah itu secara individu dia tidak bawa penyakit bagi manusia (lingkungan) tapi justru menghasilkan sesuatu yg bermanfaat dan baik bagi manusia. Sifat lainnya, dia tidak mengganggu manusia kecuali manusia mengganggu mereka terlebih dahulu. Ditinjau dari sudut pandang interaksi dg lingkungan di sekitarnya, lebah justru membantu reproduksi tumbuhan yg dengannya ketersediaan pangan manusia terpenuhi.

Dan masih menurut penelitian tersebut, saat ini, lebah menghadapi sebuah masalah yang serius. Kalau mereka menghadapi masalah yang serius, berarti itu juga dapat mengancam manusia.

Jadi teringat dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam yg disampaikan melaluo ‘Abdullah bin ‘Amru bin al-‘Ash,

عَبْدُ اللهِ بنُ عَمْرِ وَبْنِ الْعَاصِ اَنَّهُ سَمِعَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اِنَّ مَثَلَ الْمُؤَمِنِ لَكَمَثَلِ النَّحْلَةِ اَكَلَتْ طَيْبًا وَوَضَعَتْ طَيْبًا وَوَقَعَتْ فَلَمْ تُكْسَرْ وَلَمْ تُفْسَدْ

(رواه احمد فى المسند, مسند المكثرين من الصحابة, مسند عبد الله بن عمر و بن العاص)

“Dari Abdullah bin Amru bin Ash bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin (yang beriman kepada Allah) seperti lebah. Dia memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik, hinggap namun tidak memecah dan merusak.” (HR. Ahmad)

Sudah hari Jum’at lagi, sudah berada di penghujung pekan, mari perbaiki diri. Kali ini kita belajar sesuatu dari lebah dan salah satu sabda Rasul mengenai lebah. Semoga bermanfaat.

#AyoLebihBaik
#JumuahMubarakah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s