Autumn and Spring, dua musim istimewa

img_20191130_161915_6755212918111949733480.jpg
Album empat musim

Bagi mereka yang pernah merasakan tinggal di luar negeri, terutama di negeri yang memiliki 4 musim (dingin, semi, panas, dan gugur), setidaknya pernah bertanya-tanya dalam benaknya, musim apa yang paling enak atau paling nyaman. Tidak terkecuali dengan saya. Saya juga pernah bertanya-tanya pada diri sendiri, musim mana yang paling nyaman? Dan pada perenungan kali ini setidaknya saya menemukan jawabannya.

Musim dingin, identik dengan warna putih (salju)…
Musim semi, identik dengan kombinasi warna pink dan putih (sakura/cherry blossom)…
Musim panas, identik dengan warna hijau (daun)…
Musim gugur, identik dengan kombinasi warna merah-kuning-coklat (momiji/maple)…

Diantara 4 musim, dua diantaranya memiliki kombinasi warna pada tumbuhan. Mungkin karena sebab inilah dua musim tersebut, musim semi dan musim gugur, menjadi tampak lebih indah dan menarik, terlebih durasi dua musim ini relatif lebih singkat dibandingkan dengan dua musim lainnya (panas dan dingin) ditambah juga dengan cuaca yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Perhatikan gambar, musim semi terjadi sekitar akhir bulan Maret s.d sekitar pertengahan bulan April sedangkan musim gugur biasa terjadi sekitar bulan Oktober s.d November. Pada rentang itulah, durasi malam dan siang kurang lebih sama atau yang Spring Equinox (sekitar tanggal 21 Maret), sebagaimana yang pernah saya tuliskan di sini. Selain itu, juga cuaca sangat nyaman.

Temperature Kitakyushu

Catatan suhu sepanjang tahun di Kitakyushu, Jepang
Selama kurang lebih 10 tahun merasakan pergantian 4 musim tersebut setiap tahunnya di dua negera yg berbeda (Korea dan Jepang). Tetapi nuansa yang sangat terasa berbeda adalah musim gugur (autumn) dan musim semi (spring), karena menyajikan warna-warna yang indah, waktu yang singkat serta kesejukan udara.
.
#Winter #Spring #Summer #Autumn #JelajahBumiAllah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s