8 poin penting dalam menghadapi datangnya bulan suci Ramadhan

8 persiapan Ramadhan

Udah pada tau belom, kalau jarak hari ini ke bulan Ramadhan itu hanya tinggal sekitar 60 hari lagi atau kurang lebih 2 bulan lagi? ๐Ÿ˜ฒย Ga percaya?ย ๐Ÿค” Nih ya, awal Ramadhan diprediksi pada tanggal 23 April 2020. Nah, coba hitung sendiri deh berapa hari tuh. ๐Ÿ˜

Nah udah pada nyiapin apa nih buat menyambut Ramadhan? Kalau masih bingung apa yang mau disiapkan, nah coba deh siapkan 8 hal berikut ini:

1. Bertaubat
Umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan yang penuh keberkahan dan keutamaan di dalamnya. Oleh karenanya, sikapย terbaikย untuk menyambutnya adalah dengan bersegera bertaubat. Sehingga ketika nanti memasuki bulan Ramadhan, seolah kita memulai kembali dari nol, dari kondisi yang baik, dan dapat ‘menimbun’ kebaikan sebanyak-banyaknya.

Syaikh Muhammad bin Muhammad Mukhtar As-Syinqity hafidzahullah pernah ditanya: “Wahai Syaikh..Dengan amalan apa anda menasehati saya dalam menyongsong datangnya musim ketaatan…?

Syaikh menjawab:”Sebaik-baik amalan yang dapat dilakukan dalam menyongsong datangnya musim ketaatan adalah memperbanyak istighfar. Sebab dosa akan menghalangi seseorang dari taufiq Allah (untuk melaksanakan ketaatan).

“Tidaklah hati seorang hamba selalu beristighfar melainkan ia akan disucikan.- Bila ia lemah, maka akan dikuatkan- Bila ia sakit, maka akan disembuhkan- Bila ia diuji, maka ujian itu akan diangkat darinya.- Bila ia kalut, maka akan diberi petunjuk- Dan bila ia galau, maka akan diberi ketenangan.

Istighfar merupakan benteng pengaman yang tersisa untuk kita (dari adzab Allah) sepeninggal RasulullahShallallahu ‘alaihi wasallam. Ibnu Katsir rahimahullah, berkata:

“Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak istighfar, maka Allah akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.

“Maka apa lagi yang kau tunggu …?

( Perbanyaklah istighfar … )

Ibnul Qayyim, rahimahullah, mengatakan:

“Bila engkau ingin berdo’a, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi oleh begitu banyak hajat (kebutuhan), maka jadikan seluruh isi do’amu berupa permohonan maaf kepada Allah.

Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi oleh-Nya tanpa engkau memintanya.

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุนูŽูููˆูŒู‘ ุชูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ูู‘ู‰

“Yaa Allah …Sesungguhnya engkau Maha pemaaf, mencintai kemaafan, maka ampunilah aku”

2. Berdoa
Emang doa apa yang cocok?
Nih ya, doa yang cocok adalah doa minta diberikan kesehatan, keteguhan iman, dan dipanjangkan usia agar Allah memberikan kesempatan lagi untuk berjumpa dan mengisi Ramadhan dengan ibadah-ibadah terbaik. Selain itu pula, kita berdoa meminta agar ibadah-ibadah tersebut diterima Allah. Berikut adalah salah satu doa:

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุณูŽู„ูู‘ู…ู’ู†ู€ููŠ ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ู’ ู„ูู€ูŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุชูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ู’ู‡ู ู…ูู†ููŠ ู…ูุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ุงู‹

โ€œYa Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.โ€ (Lathaif Al-Maโ€™arif, hlm. 264)

3. Bahagia
Lho kok bahagia?
Ya iyalah, karena Ramadhan adalah bulan penuh dengan kebaikan, dibukanya pintu surga selebar-lebarnya karena banyaknya orang yg melakukan kebaikan. Ganjaran ibadah sunnah saja sama dengan yang wajib, apa ga ngiler tuh. Sehingga seolah hampir tidak ada yang ingin berbuat keburukan. Makanya sambutlah Ramadhan dengan penuh pengharapan dan kebahagiaan. Jangan sambut Ramadhan dengan muka manyun karena ga makan siang. Makan sahurlah, dan jangan makan siang pas Ramadhan.ย ๐Ÿ˜‰

4. Bayar hutang puasa sebelumnya
Kalau tahun lalu, kita punya hutang puasa, maka segera lunasi sebelum masuk Ramadhan.

5. Ilmu
Bekalilah diri dengan ilmu terutama yang berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadhan seperti puasa yg mencakup hukum, sunnah, yang membatalkan, keutamaan, ibadah unggulan, dll. Atau pelajari juga tentang i’tikaf. Lalu rencanakan untuk bisa beri’tikaf. Cari masjid terdekat yang menyelenggarakan i’tikaf. Bagi marbot masjid, rencanakan agenda i’tikaf yang lebihย mantapย dari tahun sebelumnya.

Jika seandainya tidak dapat melakukan i’tikaf, seperti kondisi saat ini dimana wabah sedang melanda dunia dan tidak dianjurkan berkumpul dalam jumlah besar, maka dapat menggantinya dengan amal ibadah yang lain, diantaranya adalah bersedekah. Dulu di zaman Nabi Shallallahuโ€™alaihi Wasallam ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah. Lalu ia bertanya: wahai Rasulullah, siapa orang yang paling dicintai oleh Allah? Dan apa amalan yang paling dicintai oleh Allah? Maka Rasulullah Shallallahuโ€™alaihi Wasallam bersabda:

ุฃุญุจู‘ู ุงู„ู†ุงุณู ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุชุนุงู„ู‰ ุฃู†ูุนูู‡ู… ู„ู„ู†ุงุณู ูˆุฃุญุจู‘ู ุงู„ุฃุนู…ุงู„ู ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนุฒู‘ูŽ ูˆุฌู„ู‘ูŽ ุณุฑูˆุฑูŒ ูŠูุฏุฎู„ูู‡ ุนู„ู‰ ู…ุณู„ู…ู ุฃูˆ ูŠูƒุดูู ุนู†ู‡ ูƒูุฑุจุฉู‹ ุฃูˆ ูŠู‚ุถูŠ ุนู†ู‡ ุฏูŽูŠู†ู‹ุง ุฃูˆ ูŠุทุฑุฏู ุนู†ู‡ ุฌูˆุนู‹ุง ูˆู„ุฃู† ุฃู…ุดูŠูŽ ู…ุน ุฃุฎู ููŠ ุญุงุฌุฉู ุฃุญุจู‘ู ุฅู„ูŠู‘ูŽ ู…ู† ุฃู† ุฃุนุชูƒููŽ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุณุฌุฏู ( ูŠุนู†ูŠ ู…ุณุฌุฏูŽ ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉู ) ุดู‡ุฑู‹ุง ูˆู…ู† ูƒููŽู‘ ุบุถุจูŽู‡ ุณุชุฑ ุงู„ู„ู‡ู ุนูˆุฑุชูŽู‡ ูˆู…ู† ูƒุธู… ุบูŠุธูŽู‡ ูˆู„ูˆ ุดุงุก ุฃู† ูŠู…ุถูŠูŽู‡ ุฃู…ุถุงู‡ ู…ู„ุฃ ุงู„ู„ู‡ู ู‚ู„ุจูŽู‡ ุฑุฌุงุกูŽ ูŠูˆู…ู ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉู ูˆู…ู† ู…ุดู‰ ู…ุน ุฃุฎูŠู‡ ููŠ ุญุงุฌุฉู ุญุชู‰ ุชุชู‡ูŠุฃูŽ ู„ู‡ ุฃุซุจุช ุงู„ู„ู‡ู ู‚ุฏู…ูŽู‡ ูŠูˆู…ูŽ ุชุฒูˆู„ู ุงู„ุฃู‚ุฏุงู…ู
โ€œmanusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau hilangkan kelaparannya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada ber-iโ€™tikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan lamanya. Dan siapa yang menahan marahnya maka Allah akan tutupi auratnya. Barangsiapa yang menahan marahnya padahal ia bisa menumpahkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan di hari kiamat. Dan barangsiapa berjalan bersama saudaranya sampai ia memenuhi kebutuhannya, maka Allah akan mengokohkan kedua kakinya di hari ketika banyak kaki-kaki terpeleset ke api nerakaโ€ (HR. Ath Thabrani 6/139).

6. Puasa
Perbanyaklah berpuasa sunnah di bulan Rajab dan Sya’ban. Hidupkan puasa senin-kamis, ayyamul bidh, dll. Mulai pemanasan untuk menahan diri dengan berpuasa.

7. Al-Quran
Bulan Ramadhan adalah bulannya Quran. Pasang juga rencana-rencana berkaitan dengan Quran ini. Misalkan target tilawah harian, hafalan, atau tadabbur, atau bahkan mulai mencoba mengamalkan dan mengajarkan.

8. Buku
Siapkan buku-buku yang mau kita baca. Isi Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif.

Kira-kira itu yang bisa kita siapkan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan nanti. Bersisa kurang lebih 60 hari lagi, mari kita persiapkan Ramadhan tahun ini agar menjadi Ramadhan terbaikย dalam hidup kita atau setidaknya lebih baik dari tahun sebelumnya. Dan belum tentu juga kita bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun depan. Oleh karenanya, yuk persiapkan menyambut Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Setidaknya 8 poin di atas bisa kita lakukan insyaAllah.

Semoga bermanfaat…

#SelfReminder
#JelangRamadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s