AL-AHADIITS (الأحاديث)

Berikut ini adalah koleksi software dan juga link hadits yang saya miliki. Sebagian software berbahasa arab dan sebagian lagi berbahasa Indonesia.

1. Gawami AlKalem v4.5 (جوامع الكلم)

Software ini merupakan software kumpulan hadits-hadits Nabi dari Islamweb khusus untuk mencari hadist sekaligus mengetahui kedudukannya; sahih atau dla’if. Juga dapat dengan mudah mengetahui keadaan rawi; Tsiqat apa tidak, hanya dengan meng-klik nama yang disebutkan dalam suatu Hadits. Kelebihan lain adalah Hadist-Hadistnya telah diberi harakat, jadi mudah dibaca.

GK45
Tampilan Gawami al-kalim v4.5

Beberapa fungsi dan kelebihan software ini adalah sebagai berikut:

  • Free software (tidak berbayar)
  • Menampilkan seluruh hadits lengkap dengan harokatnya
  • Menggabungkan antara matan hadits dan syarahnya
  • Menampilkan syawahid (hadits pembanding) pada tiap hadits yang ditampilkan
  • Menampilkan riwayat dan pendapat ulama’ mengenai seorang perowi
  • Menampilkan hadits dengan dikelompokkan berdasarkan tema-temanya
  • Menunjukkan serajat sebuah hadits (shohih, hasan, dho’if atau maudhu’) disertai penjelasannya

Selain hal-hal diatas masih banyak lagi beberapa kegunaan dan kelebihan software jawami’ul kalim. Namun, tetap saja tidak disarankan menjadikan software ini sebagai sandaran utama kajian hadits tanpa melihat kitab-kitab aslinya dan menelaah penjelasan dari para ulama’ dikarenakan kemungkinan masih adanya kesalahan-kesalahan (Bugs). Jadikan software ini sebagai pembantu dan perbandingan.

Download: RAR (1.3 GB)

 

2. Al-Jami’ Lil Hadits An-Nabawi (الجامع للحديث النبوي)

Software “Al-Jami’ Lil Hadits An-Nabawi” adalah salah satu software hadits terlengkap saat ini. Dengan software ini kita dengan mudah bisa mencari hadits-hadits nabi dengan beberapa fasilitas tambahan, seperti penjelasan perawinya, derajat haditnya, penjelasan kata-kata yang artinya asing (ghoribul al-fadh) menampilkan tema-tema kajian beserta hadits-hadits seputar kajian tersebut, dll.. Software ini memuat 521.745 hadits, 28.954 tema, 2.794. 358 rijal isnad dan 478.144 penjelasan kosa kata asing. Dan sama dengan software Jawami’ul Kalim, matan-matan haditsnya sudah diberi harakat sehingga memudahkan bagi para pembacanya.

شيوخ
Tampilan software Al-Jami’ lil hadits an-nabawi

Sedikit info mengenai software ini:

  • Free Software (tidak berbayar)
  • Software ini dibuat oleh para pengkaji dan ulama’-ulama’ yang menekuni hadits, dan waktu pembuatannya memakan waktu selama 3 tahun
  • Sumber referensinya berasal dari 401 kitab hadits dan ulumul hadits.
  • Jumlah hadits didalamnya 522.346 hadits.
  • Jumlah rowi yang dimuat 2.770.743 perowi hadits.
  • Kata-kata ghorib yang diberikan penjelasan sebanyak 1.000.000 kata.
  • Tema kajiannya sebanayak 20.000 tema.

Download: RAR (311 MB)

3. Lidwa (Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam)

Software ini merupakan ensiklopedia hadits kitab 9 imam versi bahasa Indonesia. Software ini dikeluarkan oleh Lidwa Pusaka, yang merupakan singkatan dari Lembaga Ilmu dan Dakwah serta Publikasi Sarana Keagamaan, yaitu sebuah lembaga yang bergerak di bidang pengembangan dan publikasi ilmu dan dakwah Islam. Lidwa didirikan oleh para alumnus dari Timur Tengah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta serta beberapa Perguruan Tinggi lainnya. Software ini memuat 9 kitab hadits atau yang dikenal dengan nama kutub at-tis’ah (9 kitab atau kitab yang berjumlah 9) yang terdiri dari Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-Nasa’, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwaththa’ Malik, dan Sunan Ad-Darimi. Di dalam software ini terdapat beberapa fitur diantaranya adalah:

  • Dapat melakukan pencarian berdasarkan kata maupun kitab dan nomor haditsnya
  • Informasi rawi atau sanad
  • Dapat pula melakukan perbandingan hadits dengan hadits serupa di kitab yang lain
  • Tersedia terjemah dalam bahasa Indonesia
216851_8b1c54cc-3832-11e4-af9d-195c2523fab8.jpg
Software lidwa versi desktop (berbayar)

Sampai dengan saat ini, Lidwa telah merilis beberapa versi software, diantaranya ada versi desktop/offline (dapat memesan langsung ke websitenya), versi Android, versi iOS, dan versi online dengan fitur terbatas (sayangnya untuk saat ini tidak lagi tersedia veri online dari lidwa ini). Untuk yang satu ini, saya tidak dapat menyediakan link download versi desktop. Bagi yang berminat silahkan langsung mengunjungi websitenya.

lidwa
Tampilan versi mobile

4. Kutub Tis’ah versi B. Arab (جامع الكتب التسعة)

Aplikasi ini baru tersedia dalam format mobile (android dan iOS). Aplikasi ini merupakan wakaf dari ibunda Syaikh Badr bin Shalih Ar-Rajihi dan anak-anaknya. ِAplikasinya gratis, tampilan aplikasinya menarik dan dapat melakukan pencarian kata dan dilengkapi juga dengan syarah (penjelasan) dari hadits tersebut. Namun, semua itu dalam bahasa arab.

jami kutub tisah
Tampilan versi mobile

5. Software 14 kitab Hadits berbahasa Indonesia

Software ini bernama Haditssoft. Software hadits yang satu ini mengambil dari 14 kitab hadits, 9 dari kutub tis’ah, 5 kitab hadits lainnya Sunan Daraquthni, Shahih Ibnu Hibban, Shahih Ibnu Khuzaimah, Musnad Syafi’i, dan Al-mustadrak. Isi atau database Kutubut Tis’ah yang digunakan diambil dari aplikasi Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam oleh Lidwa Pusaka, ditambah data-data lain seperti derajat hadits yang diambil dari ebook terjemah inggris oleh Darussalam juga ebook lain untuk derajat Musnad Ahmad oleh Syu’aib Al Arnauth. Adapun tambahan lima kitab lainnya diambil dari ebook Kampungsunnah dan website shirathal-mustaqim.org.

Isi dari database HaditsSoft ini sudah tidak 100% serupa dengan isi database aslinya. Karena editor software ini telah banyak (cukup banyak) melakukan perubahan pada isi database khususnya pada terjemahan hadits untuk memperbaiki terjemahan, kekurangan, pengejaan, dll, semampu mereka. Dan mereka pun dalam kata pengantar di dalam softwarenya menyatakan tidak menjamin/mengklaim bahwa apa yang telah diubah itu lebih tepat atau lebih baik atau lebih benar dari aslinya. Apa yang telah mereka edit murni hanya suka-suka mereka sendiri dan untuk kenyamanan mereka sendiri.

haditssoft6
Tampilan Haditssoft 4.0.0.0 versi Desktop

Mereka juga menyampaikan bahwa editor nya tidak menguasai bahasa arab kecuali hanya sedikit pengetahuan kosa kata bahasa arab. Sehingga siapa pun yang mempermasalahkan perubahan pada database hendaknya dia memaklumi dan jika ditemukan kesalahan hendaknya ia mengirimkan perbaikan yang dia anggap lebih tepat pada tab laporkan agar kami perbaiki untuk rilis selanjutnya.

Tersedia dalam 2 versi, versi online dan versi desktop. Untuk versi online dapat mengunjungi website ini. Adapun untuk versi desktop sifatnya gratis (dapat diunduh di sini) dengan beberapa requirement agar software haditssoft dapat berjalan dengan baik:
– Sistem operasi windows
– Sudah terinstall .NET FRAMEWORK (4.5.24.6.14.6.24.7)
Fitur dari software ini cukup lengkap, mirip dengan lidwa dengan beberapa tambahan seperti text to speech. Untuk fitur text to speech anda perlu mendownload file tambahan, yakni file suara yang akan digunakan untuk membaca teks menjadi suara. berikut ini file suara untuk bahasa Arab dan Indonesia:
Arab (full versi):
Indonesia (full versi):
Untuk suara bahasa Arab anda bisa mengistal salah satunya saja atau ketiga-tiganya.